Skip to main content

#ceritababazi #20 Kartini Jaman Now

R.A. Kartini

Terus bermimpi, teruslah bermimpi!
Bermimpilah selagi masih bisa bermimpi
Habis gelap terbitlah terang
--R.A. Kartini--
Quote dari mendiang Raden Ajeng Kartini yups, petuah dari beliau ini akan selalu hidup dalam sanubari setiap perempuan Indonesia. Sebuah perjuangan beliau pada jamannya, memberikan ilmu yang tiada pernah hilang dalam ingatan. Bahwasannya perempuan itu pada masa hidup beliau sangat tabu untuk keluar dari urusan ranjang dan dapur saja.

Namun, beliau memberontak untuk menuntut haknya bahwasannya manusia itu memiliki hak yang sama dihadapan kehidupan. Kesetaraan gender digaungkannya dari daerah pantai utara jawa, tepatnya di rembang hingga ke penjuru tanah air. Wanita hebat ini merupakan sebuah karunia dalam sejarah indonesia.

Lantas bagaimana peranan kartini-kartini muda jaman sekarang? masih kah menjunjung tinggi jasa-jasa beliau?

Pertanyaan yang mungkin akan memberikan gambaran kepada kita para penerus bangsa, akan seperti apakah masa depan para kartini muda mengembangkan apa yang sudah dimulai oleh R.A. Kartini pada masa lalu.

Emansipasi wanita sekarang sudah semakin berkembang dari masa ke masa, contohnya pada masa sekarang sudah abad 21, banyak para kartini yang menjadi pemimpin, tak lagi hanya menjadi hiasan di ranjang maupun di dapur saja. Mereka sekarang memiliki karir sama seperti para lelaki.

Kesetaraan gender makin menjadi rahasia umum sudah bukan lagi tabu. Berkat perjuangan R.A. Kartini, kini martabat para kartini muda menjadi lebih terang, seperti yang diinginkan oleh sang pahlawan dari rembang ini. "Habis gelap terbitlah terang", kini menjadi sebuah kenyataan yang melampaui jaman, R.A. Kartini menjadi seorang visioner atas pemikirannya kala itu, kini banyak yang mendapatkan manfaat dari apa yang sudah dilakukannya.

Para pemimpi wanita pun sekarang sudah banyak yang terwujud, dari presiden wanita sudah terlaksana oleh Ibu Megawati itu merupakan sebuah sejarah besar dari perjuangan kartini pada masa itu, kini sudah menjadi kenyataan. Selain itu bermunculan pemimpin-pemimpin wanita, baik dari menteri keuangan Ibu Sri Mulyani, siapa yang tidak kenal dengan beliau, sosok wanita tangguh yang mampu mengelola uang negara kita Indonesia. Ibu Tri Risma Harini seorang walikota surabaya, prestasi beliau juga keren.

Di bawah kepemimpinan Tri Rismaharini, Kota Surabaya berhasil meraih tujuh kali Piala Adipura secara berturut-turut sejak tahun 2011 sampai dengan 2017 dalam kategori kota metropolitan.

Piala Adipura diberikan untuk kota-kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. Pencapaian Risma dalam Piala Adipura ini memasuki puncaknya di tahun 2016 yang berhasil menyabet Adipura Paripurna. Segudang prestasi Tri Rismaharini, dari masuk dalam 10 tokoh wanita inspiratif tahun 2013, mendapat Penghargaan Innovative City of the Future di London dan lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa dibuka link berikut https://surabaya.liputan6.com

Contoh di atas merupakan sebagian kecil saja atas apa yang diperjuangkan oleh R.A. Kartini, sungguh menginspirasi buat kawula muda terutama para wanita.

Untuk para generasi milenial apakah sosok R.A. Kartini masih ada yang kenal? Maksudnya kenal itu tahu akan perjuangannya seperti apa, tauladan apa yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan milenial seperti sekarang? Tentu saja hal yang positif dong ya, jangan sampai kita sebagai penerus perjuangan beliau hanya berdiam saja tanpa mengingat proses memperjuangkan apa yang dia percayai untuk masa depan para wanita seperti dirinya.

Namun, pada kenyataanya banyak juga yang mengambil jalan berbeda dengan beliau, mereka tersesat ke lubang hitam. Peranan perkembangan jaman seperti sekarang ini semakin modern, perkembangan teknologi semakin tinggi, tingkat kebutuhan sekunder menjadi semakin utama, sikap konsumerisme menjadi marak. Ya, beginilah kaum milenial, jaman sudah berubah, dahulu belum ada teknologi yang secanggih sekarang, pencarian informasi menjadi semudah membalikkan telapak tangan. Inilah teknologi, informasi akan sangat mudah untuk kita akses melalui jejaring di internet.

Karena pola hidup para milenial menjadi hedonis, ya sudah apapun cara akan menerka tempuh termasuk dalam hal yang dilarang dalam norma-norma. Dari hal yang kecil menjadi kebiasaan dan itu akan membentuk life style. Cita-cita mulia sekali, hidup foya-foya, tua kaya raya dan mati masuk surga, yahh...itu dia luhur sekali bukan?

Miris sekali melihat hal tersebut jika dibandingkan dengan kartini yang harus meninggalkan kampung halaman untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW), mereka berjibaku untuk mendapatkan cuan, meski harus meninggalkan keluarga tercinta. Tak sedikit pula yang menjadi bulan-bulanan kebejatan para majikannya, hingga ada yang hanya pulang nama saja. Alangkah lucunya negeri ini, bagaimana tidak satu sisi karena kemajuan jaman, ada yang sudah mampu keluar dari zona kemiskinan namun kesadaran untuk berkembang menjadi seseorang yang lebih maju lagi harus hanyut dalam gaya hidup mereka. Sedangkan satu sisi yang lain, tak sedikit yang harus menjadi TKW, atau menjadi buruh untuk mendapatkan hidup yang lebih baik, namun itu terkadang hanya makan hati saja.

Pandemi Covid-19, ya kejadian luar biasa yang menimpa dunia termasuk indonesia didalamnya. Menjadikan momentum untuk kita saling merefleksi diri kita sendiri, apa yang sudah kita perbuat untuk diri sendiri dan orang lain sebagai generasi penerus para pahlawan terutama R.A. Kartini?

Menjadi diri sendiri memiliki integritas kuat itu sudah merupakan sebuah cara untuk kita sebagai generasi penerus bangsa yang baik. Karena jika kita menjadi diri sendiri dan memiliki integritas yang tinggi tentu saja kita tak akan hanyut dalam lingkungan yang serba cepat berubah. Kemodernan ini terkadang akan menghanyutkan kita jika kita tak memiliki pendirian, integritas untuk menjaga diri kita dalam skala besarnya citra bangsa kita akan semakin kuat.

R.A. Kartini merupakan pendekar kaumnya, pendekar bangsa yang harum namanya. Untuk itu W.R. Supratman menciptakan lagu dengan mengangkat nama beliau sebagai lagu nasional yang diperingati tiap tanggal 21 april.

Ibu Kita Kartini - Lagu Nasional Indonesia
Ciptaan: WR Supratman
W.R. Soepratman yang menciptakan lagu berjudul Ibu Kita Kartini. Kini lagu tersebut sangat populer di kalangan masyarakat seluruh nusantara. Lagu ibu kita Kartini menggambarkan inti perjuangan wanita untuk merdeka. Kini kemerdekaan kaum wanita diwujudkan dalam konsep emansipasi wanita.

Lirik lagu Ibu Kita Kartini:

Ibu kita Kartini, putri sejati
Putri Indonesia, harum namanya
Ibu kita Kartini, pendekar bangsa
Pendekar kaumnya untuk merdeka
Wahai ibu kita Kartini
putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
bagi IndonĂ©sia 

Ibu kita Kartini, putri sejati
Putri Indonesia, harum namanya
Ibu kita Kartini, pendekar bangsa
Pendekar kaumnya untuk merdeka
Wahai ibu kita Kartini
putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
bagi IndonĂ©sia 


Jika masih ada yang belum tahu lagunya seperti apa bisa buka saja di internet banyak sekali. Pada intinya kita sebagai generasi penerus perjuangan ibu kita Kartini atau pahlawan yang lainnya, harus menjunjung tinggi semangat kebangsaan, tetap melestarikan budaya kita, gunakan produk hasil karya anak bangsa (lokal pride). Bangga menjadi bagian dari proses, merupakan sebuah perjuangan kita sebagai generasi penerus bangsa.

terima kasih
salam,













Comments

Popular posts from this blog

Heboh Masker COVID-19/Corona Virus

Ilustrasi Corona virus by Me Heboh, borong masker, borong bahan makanan instan seperti mie instan, sarden, vitamin dan barang yang berguna untuk segala kondisi terkait dengan COVID-19 atau orang lebih kenal dengan virus corona. Virus corona yang pertama ditemukan di Wuhan, cina, pada desember 2019 telah menyebar ke seantero cina dan beberapa negara di dunia. Untuk update terbaru bisa buka link dibawah ini yang di update per 3 maret 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/03/091500465/update-virus-corona-di-seluruh-dunia-tembus-73-negara-48002-sembuh-3117 Untuk di indonesia sendiri mulai heboh setelah presiden jokowi memberikan pernyataan terkait warga negara indonesia terjangkit virus ini. 2 orang warga negara yang tertular dan dinyatakan positif terpapar virus corona diumumkan oleh pak jokowi per 2 maret 2020 kemaren. Hal inilah yang memicu kehebohan di indonesia hingga memborong masker dan bahan makanan sebagai tindakan siaga terkait virus COVID-19 ini.

#ceritababazi #56 Sumeleh

Nalika awake dewe lagi diwenehi pacoban urip, awake dewe kudu kepiye supaya bisa tetep kuat lan semangat ngelakoni? Nah, iki sik bakal dadi pembahasan neng tulisan sik arep tak tulis kanthi sak pangertenku bab pacoban urip kuwi mau.  Sik mesti bakalan marakke penasaran dening kabeh sik mampir neng omah wewacanku iki. Sopo coba sik ora tau diwenehi pacoban urip, mesti kabeh menungso wis tau to ya? yo pora rek? Ngerti pora rek, iki nembe sepisan aku nulis nganggo boso daerah yoiku boso jowo. Dadi nek rodo ora kepenak diwoco yo nyuwun pangapunten loh ya... Kadang kolo awake dewe kui ono munggah mudune nglakoni urip sik saiki awake dewe lakoni, yo sepisan nek awake dewe lagi ono ning ngisor mesti pikirane awake dewe kui dadi mumet lan cuntel. Tapi kadang kolo yo ono neng duwur sik marake awake dewe gumedhe ndase, lali marang gusti sik gawe urip. Jenenge wae urip kui kabeh menungso mesti ono wolak walik ing jaman, nah mangkane kui awak e dewe sik sadar lan tumprap eling marang opo sik diara

Jakarta aku padamu

Akhirnya saat yang dinanti tiba...yg dipertuan agung beserta balateri sudah datang pokoknya jakarta aku padamu... Kala pertama ku jumpa wow...balateri langsung sumringah menyambutku "baba...baba" itu kata yang keluar dari bibir mungilnya..dan sambutan peluk hangat kutangkap dalam-dalam..badan mungilnya waktu berjumpa sudahh larut , ternyata seharian balateri sudah tak sabar menanti kedatanganku. Sehabis berpelukan layaknya teletabis ku bergegas berganti kostum buat tidur...sembari menemani balateriku... balateri sudah dengan ocehannya, "bunda, cucuu!" Ya sudahh bundanya langsung bergegas ke dapur dan buatin susu untuk balateri toh waktunya untuk bobok Setelah mengenyut botol susunya terlelap juga balateriku HARI PERTAMA pagi hari terbangun dan disambut tawa ceria balateri membuatku semakin semangat untuk bangun pagi dihari libur. rencana mau menjajal moda transportasi yang lagi heboh dikalangan masyarakat jakarta pada umumnya..apa itu? Mass rapi