Skip to main content

#ceritababazi #34 Kebijakan ambigu?


Pro kontra kebijakan
by netizen

Entah apa yang harus ku komentari atas kebijakan yang beredar di pemberitaan tentang moda transportasi kembali beroperasi. Senangkah? sedihkah? Emosikah? atau seperti apa perasaan yang harus ku salurkan dengan kebijakan tersebut?

Terkadang kebijakan itu dibutuhkan untuk membuat kita lebih baik, namun ada kalanya kebijakan itu malah membuat kita jadi seorang yang penuh kekhawatiran. Ini merupakan sebuah kebijakan sudah dalam penggodogan yang melalui proses filter penuh pertimbangan dari pemerintah. Tetapi bagaimana tanggapan dari para masyarakat akan kebijakan tersebut menjadi beragam. Ada yang pro pula kontra, semua itu merupakan sesuatu yang wajar bukan begitu?

Aku sendiri menyikapi kebijakan tersebut ambigu, entah harus berkomentar apa untuk kebijakan yang diambil oleh pejabat negara bidang perhubungan ini. Barangkali kebijakan ini menjadikan kebimbangan, kegelisahan ditengah hiruk-pikuk berita yang memberitakan tentang pandemi ini. Satu kebijakan yang sudah diambil lalu dikonter dengan kebijakan selanjutnya membuat bingung, kegelisahan dan kecemasan buat diriku pribadi.

Pewarta seringkali membuat pemberitaan yang tak sepenuhnya benar, mereka terkadang terjerat akan kebutuhan berita saja demi keberlangsungan medianya. Memang itu bukan sebuah hal yang bisa diperdebatkan, itu merupakan tugas dan tanggung jawab pewarta sebagai bagian dari tugasnya. Mereka memiliki kelurga yang musti dipenuhi kebutuhannya, apalagi dijaman seperti sekarang ini, bertebaran serta bermunculan media online. Persaingan merekapun tak seperti dahulu yang masih bisa kita ukur dalam beberapa media pemberitaan. Nah untuk sekarang sudah banyak bermunculan dan itu bisa saja dalam hitungan detik sudah muncul pemberitaan baru yang dirilis.

Lantas bagaimana kita harus menyikapi fenomena pemberitaan seperti sekarang? Apakah harus menelan mentah-mentah pemberitaan tersebut? Apakah maksud dibalik pemberitaan tersebut? Sudah benarkah apa yang tersurat dari pemberitaan tersebut, baik sumber serta analisanya? 

Untuk lebih bijak kita semestinya membaca dari berbagai sumber ya, untuk membuka pola pikir kita tidak hanya melihat dari satu sisi saja, kita bisa melihat dari berbagai sudut pandang. Biar bagaimanapun yang namanya berita itu juga sebuah media untuk menyampaikan berita berdasarkan pengamatan atau informasi, nah informasi yang didaptkan tersebut kemudian di rangkum menjadi sebuah artikel atau sesuatu produk yang disebut dengan berita untuk dibagikan kepada semua masyarakat. Harusnya sudah melalui penyuntingan oleh editor-editor sebelum berita tersebut terbit. Namun, portal pemberitaan kan tidak hanya satu dua tapi banyak untuk itulah setiap portal berita memiliki subjektif masing-masing tergantung dengan editornya dan sesuai dengan kebijakan dari perushaan portal berita tersebutkan. Untuk itu diperlukan banyak menyimak berita dari berbagai sumber yang memiliki kredibilitas bagus dalam menayangkan berita.

Iya begitulah dunia media sekarang, terlalu banyak portal pemberitaan dan semua berlomba untuk mendapatkan berita dan deadline memberikan tekanan bagi para kontributor berita untuk lebih cepat dan uptodate dalam memberikan informasi terkait berita terbaru. Terkadang hal ini memberikan sebuah fenomena untuk sekedar memberikan informasi yang terkadang pula sumbernya tak jelas, yang terpenting dapat berita. Kontroversial itu terkadang juga sengaja mereka lakukan untuk mendapatkan masa pada portal beritanya tetap eksis.

Keresahan yang ku rasakan adalah dari pemberitaan yang beredar akhir-akhir ini, tentang kebijakan dari pemerintah. Kebijakan untuk pembatasan transportasi yang seolah belum kelar untuk satu kebijakan sudah keluar lagi dengan kebijakan baru. Awalnya moda transportasi keluar maupun masuk ke Jakarta tidak dioperasikan hingga batas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai akhir bulan mei. Akan tetapi per 7 mei 2020, kebijakan baru memberlakukan moda tranportasi boleh beroperasi dengan syarat khusus. Nah permasalahannya, jika hal ini berlangsung kurva dari data pandemi yang sudah mulai landai ini apakah akan tetap terjaga? Atau mungkin malah bertambah naik kembali? Ada Jaminan untuk tetap landai kah?

Seperti gambling juga kebijakan yang diambil pemerintah terkait moda transportasi ini. Hal ini memang menjadi polemik pro dan kontra diantara masyarakat sendiri. Hasilnya malah menjadi keresahan bukan? Mungkin ini pertimbangan yang sudah dianalisa dari segi resikonya oleh pengambil kebijakan. Namun, korban dari kebijakan ini kan bukan hanya soal ekonomi, yang lebih penting adalah keselamatan akan kesehatan yang diakibatkan oleh pandemi ini bagaimana?

Awalnya getol dengan pembatasan moda transportasi dengan alasan tingkat penularannya berbahaya. Seolah kebijakan ini memberikan kesan kalau pengambil kebijakan tidak mantab dengan apa yang diambilnya. Kalau kebijakan ini diambil bersamaan dengan kebijakan awal mungkin masyarakat juga tak menjadi tambah resah akan kondisi sekarang.

Quote of the day :
"Saat aku sedang sendiri kucoba renungi, mau apa aku ini tak ku pahami..aq bagai layang-layang..."
Lirik by basejam

Lirik lagu dari band 90 an ini menjadi relate dengan kondisi seperti sekarang ini. Manusia sekarang sedang mengalami fase karantina diri luar biasa, menjadikan diri seperti dalam penjara dengan pembatasan dari kebijakan. Sudah mengalami karantina seperti itu masih saja mendapatkan informasi yang kurang lebih malah menjadikan pola pikir kita menjadi tambah abu-abu.

Ini semua saya sampaikan atas dasar pendapat saya saja, tanpa ada sesuatu diluar kehendak saya pribadi. Tulisan ini sebagai sarana saya saja untuk mengeluarkan unek-unek dari pikiran saja, supaya saya tetap dalam kewarasan diri akan adanya kebijakan yang sudah diambil oleh pemerintah. 

Sebuah kebijakan tak mungkin membuat semua orang puas, akan tetapi semua itu menjadi sebuah tindakan pemerintah untuk kebaikan secara menyeluruh apapun resiko yang diambil pastilah mengedepankan kelangsungan hajat hidup orang banyak.

Untuk menanggapi semua yang sedang terjadi kita sebaiknya berpikiran lebih terbuka, kalau membaca juga harus sampai tuntas supaya kita paham akan maksud dan tujuan dari apa yang tersurat. Perbedaan pandangan itu merupakan sebuah hal yang biasa terjadi, karena setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda-beda, untuk mengakomodir itu semua pastilah tidak mudah buat pemerintah. Namun, pemerintah juga dengan tangan terbuka pula untuk menerima pendapat yang berbeda oleh masyakarakat.

Sebagai masyarakat kita juga harus mendukung kebijakan pemerintah yang sudah dikeluarkan namun tetap dalam pemikiran yang benar. Maksudnya begini, kebijakan itu berjalan pastinya ada proses yang berjalan dengan baik namun adakalanya kebijakan berjalan tak sesuai. Untuk itu kita juga musti sedikit melek dalam hal ini untuk memberikan pendapat kita terkait kebijakan yang berjalan. Semoga menjadi bahasan yang bermanfaat bagi saya pribadi dan beruntunglah jika ada yang sependapat dengan apa yang saya sampaikan ini.

Semua mengalami hal yang tak mengenakkan beberapa bulan terakhir ini, sebaiknya kita tetap dalam kewarasan diri dalam menanggapi setiap pemberitaan yang beredar.

terima kasih dan salam,

 

 
























Comments

Popular posts from this blog

Heboh Masker COVID-19/Corona Virus

Ilustrasi Corona virus by Me Heboh, borong masker, borong bahan makanan instan seperti mie instan, sarden, vitamin dan barang yang berguna untuk segala kondisi terkait dengan COVID-19 atau orang lebih kenal dengan virus corona. Virus corona yang pertama ditemukan di Wuhan, cina, pada desember 2019 telah menyebar ke seantero cina dan beberapa negara di dunia. Untuk update terbaru bisa buka link dibawah ini yang di update per 3 maret 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/03/091500465/update-virus-corona-di-seluruh-dunia-tembus-73-negara-48002-sembuh-3117 Untuk di indonesia sendiri mulai heboh setelah presiden jokowi memberikan pernyataan terkait warga negara indonesia terjangkit virus ini. 2 orang warga negara yang tertular dan dinyatakan positif terpapar virus corona diumumkan oleh pak jokowi per 2 maret 2020 kemaren. Hal inilah yang memicu kehebohan di indonesia hingga memborong masker dan bahan makanan sebagai tindakan siaga terkait virus COVID-19 ini.

#ceritababazi #56 Sumeleh

Nalika awake dewe lagi diwenehi pacoban urip, awake dewe kudu kepiye supaya bisa tetep kuat lan semangat ngelakoni? Nah, iki sik bakal dadi pembahasan neng tulisan sik arep tak tulis kanthi sak pangertenku bab pacoban urip kuwi mau.  Sik mesti bakalan marakke penasaran dening kabeh sik mampir neng omah wewacanku iki. Sopo coba sik ora tau diwenehi pacoban urip, mesti kabeh menungso wis tau to ya? yo pora rek? Ngerti pora rek, iki nembe sepisan aku nulis nganggo boso daerah yoiku boso jowo. Dadi nek rodo ora kepenak diwoco yo nyuwun pangapunten loh ya... Kadang kolo awake dewe kui ono munggah mudune nglakoni urip sik saiki awake dewe lakoni, yo sepisan nek awake dewe lagi ono ning ngisor mesti pikirane awake dewe kui dadi mumet lan cuntel. Tapi kadang kolo yo ono neng duwur sik marake awake dewe gumedhe ndase, lali marang gusti sik gawe urip. Jenenge wae urip kui kabeh menungso mesti ono wolak walik ing jaman, nah mangkane kui awak e dewe sik sadar lan tumprap eling marang opo sik diara

Jakarta aku padamu

Akhirnya saat yang dinanti tiba...yg dipertuan agung beserta balateri sudah datang pokoknya jakarta aku padamu... Kala pertama ku jumpa wow...balateri langsung sumringah menyambutku "baba...baba" itu kata yang keluar dari bibir mungilnya..dan sambutan peluk hangat kutangkap dalam-dalam..badan mungilnya waktu berjumpa sudahh larut , ternyata seharian balateri sudah tak sabar menanti kedatanganku. Sehabis berpelukan layaknya teletabis ku bergegas berganti kostum buat tidur...sembari menemani balateriku... balateri sudah dengan ocehannya, "bunda, cucuu!" Ya sudahh bundanya langsung bergegas ke dapur dan buatin susu untuk balateri toh waktunya untuk bobok Setelah mengenyut botol susunya terlelap juga balateriku HARI PERTAMA pagi hari terbangun dan disambut tawa ceria balateri membuatku semakin semangat untuk bangun pagi dihari libur. rencana mau menjajal moda transportasi yang lagi heboh dikalangan masyarakat jakarta pada umumnya..apa itu? Mass rapi