Skip to main content

#ceritababazi #39 Parenting is the responsibility of both parents

Let's go baba
by bundazi

"Semoga baba dijaga kesehatannya dari bakteri jahat, aamiin", hahhaha..itulah sepenggal kalimat dari balateri untukku semalam sebelum bobok. Nah, bagaimana perasaan kita sebagai orang tua mendengar kalimat itu keluar dari mulut kecil anak kita? Terharu tidak? apa itu biasa saja? mungkin lucu?

Hal ini semua tergantung dari individu masing-masing, setiap orang berhak untuk menanggapi ungkapan dari sang buah hati kita, semua sah-sah saja kok. Kalau pendapat ku pribadi bangga dan mengapresiasi buah hati kita serta tak lupa bundanya yang selalu menemaninya setiap waktu. Itu semua tentu peran dari bundanya yang senantiasa menemani untuk memberikan pengetahuan bagi sang buah hati besar. Perlu kita berikan apresiasi atas apa yang sudah diajarkan kepada sang buah hati.

Nah, perlu diperhatikan pula lingkungan sekitar atau lingkaran sosial di area si kecil dan bundanya itu kita ciptakan atau kita jaga untuk tetap dalam kondisi positif. Sebisa mungkin kita anggap si buah hati adalah teman kita bermain, loh kenapa? ya karena sebagian besar waktunya si kecil itu untuk bermain makanya kita sebagai teman bermain ya anggap kita sepantaran dia. Itu akan lebih menyenangkan buat si kecil berkembang dalam terus bertumbuh menjadi orang yang sesuai dengan prosesnya.

Si kecil juga akan lebih percaya diri dalam menjalani hari-harinya, biarkan dia berkembang seperti semestinya sesuai dengan usianya. Kita yang menyesuaikan diri untuk mendukung perkembangannya sekaligus menjaga lingkungan tetap dalam kondisi terbaik untuk perkembangannya.

Peran bunda itu sangatlah besar untuk perkembangan sang anak, karena sebagian besar waktu anak akan dihabiskan dengannya. Catatannya ini berlaku pada bunda yang tak bekerja, kalau wanita karir tentunya waktunya terbatas. Ini untuk bunda dengan profesi ibu rumah tangga yang tak memiliki kesibukan diluar lebih banyak dibanding mengurus rumah.

Mungkin saja untuk yang wanita karir akan berbeda pula pola asuh anaknya, dia harus pintar-pintar dalam mengatur waktu antara kerjaan dengan keluarga. Kita fokuskan saja pada ibu rumah tangga saja, ini sesuai dengan pengalaman saya dengan keluarga pribadi.

Tumbuh kembang anak pada dasarnya tanggung jawab kedua orang tua, bukan hanya kita bebankan kepada bundanya saja. Hla wong anak itu merupakan buah cinta antara bapak dan bunda kok, masak urusan besarin anak jadi dibebankan ke satu pihak kan tidak adil dong.

Suami maupun istri itu punya porsi masing-masing yang tak bisa tergantikan, karena urusan mendidik anak itu diperlukan kerjasama antar keduanya. Porsinya sama tingginya, tak perlu diperdebatkan lagi untuk itu karena akan menimbulkan polemik kalau menurut saya. Bagaimana anak kita nantinya ya sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai orangtuanya.

Kita dibesarkan dari keluarga yang berbeda, tentunya cara mendidik anak juga akan berbeda pula. Namun kami percaya kami harus bisa bekerja sama untuk berada pada kesepakatan kita bahwa keluarga kita ya tentunya cara kita dengan memadukan keduanya dalam hal yang baik kita terapkan sisanya ya sesuai pengetahuan tambahan dari apa yang kita lihat atau kita pelajari dari orang lain tentunya disesuaikan dengan prinsip kita dalam mendidik anak.

Semua keluarga tentu saja semua memiliki keinginan atau harapan yang baik untuk keluarga kita sendiri bukan? Sistem atau cara kita mengatur dalam mengkondisikan keluarga kita sesuai apa yang kita inginkan itu berbeda satu dengan lainnya itu berbeda. Karena sebuah keluarga baru itu merupakan percampuran dualisme cara dari kedua keluarga baik itu dari sisi suami ataupun istri.

Periode sulit adalah ketika awal memulai menjadi keluarga, itu merupakan sebuah fase adaptasi keduanya dalam mencari solusi terbaik untuk kedepannya. Perdebatan dalam perbedaan merupakan negosiasi untuk win-win solution. Waktupun menjawabnya dengan kesepakatan antar keduanya untuk memilih jalan tengah atau menetralkan semua perbedaan tersebut. Baik itu saling respek, saling menerima satu sama lainnya untuk mencapai harapan satu untuk bersama.

Peranan suami dan istri itu sama-sama memiliki porsi yang sama, karena pada dasarnya kita manusia itu diciptakan sama untuk mengabdi pada tuhan yang maha esa. Untuk itu kita sebagai orang tua pula memiliki peranan yang sama pula bukan? Jangan beranggapan kebutuhan anak dari segi perhatian serta tumbuh kembang anak itu hanya satu sisi bundanya saja, suami sebagai bapak pula penting untuk membentuk karakter anak yang sesuai dengan harapan dimasa depan.

Kerjasama yang baik antara suami dan istri itu menjadikan keluarga menjadi nomor satu, kasih sayang yang sesuai dengan kebutuhan anak akan terpenuhi. Kehidupan berkeluarga itu perlu menitik beratkan pada kepentingan harapan terbaik di masa depan tanpa meremehkan satu sama lain, saling mendukung satu sama lain, saling melengkapi pula diperlukan untuk hidup yang lebih bahagia.

Anak bahagia, perkembangannya bagus itu kan poin yang kita harapkan dari semua yang kita lakukan untuk keluarga? Tempatkan keutuhan serta kebahagiaan keluarga pada prioritas kita. Hidup sederhana itu juga memberikan kita pandai untuk mensyukuri nikmat yang kita miliki. 

Quote of the day :
Sebelum masa itu hilang, nikmatilah kebersamaanmu bersama keluarga & rasakanlah bagaimana allah membahagiakanmu
--NN--

Semoga kita menjadi manusia yang semestinya dalam berkeluarga demi masa depan anak dan kebahagiaan kita bersama hingga masa tua kita kembali menikmati masa terindah bersama istri melihat anak cucu kita bahagia.

salam,













 


Comments

Popular posts from this blog

Heboh Masker COVID-19/Corona Virus

Ilustrasi Corona virus by Me Heboh, borong masker, borong bahan makanan instan seperti mie instan, sarden, vitamin dan barang yang berguna untuk segala kondisi terkait dengan COVID-19 atau orang lebih kenal dengan virus corona. Virus corona yang pertama ditemukan di Wuhan, cina, pada desember 2019 telah menyebar ke seantero cina dan beberapa negara di dunia. Untuk update terbaru bisa buka link dibawah ini yang di update per 3 maret 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/03/091500465/update-virus-corona-di-seluruh-dunia-tembus-73-negara-48002-sembuh-3117 Untuk di indonesia sendiri mulai heboh setelah presiden jokowi memberikan pernyataan terkait warga negara indonesia terjangkit virus ini. 2 orang warga negara yang tertular dan dinyatakan positif terpapar virus corona diumumkan oleh pak jokowi per 2 maret 2020 kemaren. Hal inilah yang memicu kehebohan di indonesia hingga memborong masker dan bahan makanan sebagai tindakan siaga terkait virus COVID-19 ini.

#ceritababazi #56 Sumeleh

Nalika awake dewe lagi diwenehi pacoban urip, awake dewe kudu kepiye supaya bisa tetep kuat lan semangat ngelakoni? Nah, iki sik bakal dadi pembahasan neng tulisan sik arep tak tulis kanthi sak pangertenku bab pacoban urip kuwi mau.  Sik mesti bakalan marakke penasaran dening kabeh sik mampir neng omah wewacanku iki. Sopo coba sik ora tau diwenehi pacoban urip, mesti kabeh menungso wis tau to ya? yo pora rek? Ngerti pora rek, iki nembe sepisan aku nulis nganggo boso daerah yoiku boso jowo. Dadi nek rodo ora kepenak diwoco yo nyuwun pangapunten loh ya... Kadang kolo awake dewe kui ono munggah mudune nglakoni urip sik saiki awake dewe lakoni, yo sepisan nek awake dewe lagi ono ning ngisor mesti pikirane awake dewe kui dadi mumet lan cuntel. Tapi kadang kolo yo ono neng duwur sik marake awake dewe gumedhe ndase, lali marang gusti sik gawe urip. Jenenge wae urip kui kabeh menungso mesti ono wolak walik ing jaman, nah mangkane kui awak e dewe sik sadar lan tumprap eling marang opo sik diara

Jakarta aku padamu

Akhirnya saat yang dinanti tiba...yg dipertuan agung beserta balateri sudah datang pokoknya jakarta aku padamu... Kala pertama ku jumpa wow...balateri langsung sumringah menyambutku "baba...baba" itu kata yang keluar dari bibir mungilnya..dan sambutan peluk hangat kutangkap dalam-dalam..badan mungilnya waktu berjumpa sudahh larut , ternyata seharian balateri sudah tak sabar menanti kedatanganku. Sehabis berpelukan layaknya teletabis ku bergegas berganti kostum buat tidur...sembari menemani balateriku... balateri sudah dengan ocehannya, "bunda, cucuu!" Ya sudahh bundanya langsung bergegas ke dapur dan buatin susu untuk balateri toh waktunya untuk bobok Setelah mengenyut botol susunya terlelap juga balateriku HARI PERTAMA pagi hari terbangun dan disambut tawa ceria balateri membuatku semakin semangat untuk bangun pagi dihari libur. rencana mau menjajal moda transportasi yang lagi heboh dikalangan masyarakat jakarta pada umumnya..apa itu? Mass rapi