Skip to main content

#ceritababazi #45 Hubungan Manusia

Hubungan manusia itu rumit
Gambar by Hipwe

Terkadang kita harus mengerti keinginan diri ini untuk melepas segala macam kegalauan yang ada dalam diri kita. Momen dimana kita menjadi manusia rapuh tak bisa melakukan apa-apa. Sedih bercampur dengan kekesalan dari dalam diri, atas keadaan serta kegagalan dalam hidup yang kita jalani saat ini.

Perhatian hanya terfokus pada masalah yang pelik saja tanpa memikirkan hikmah yang ada pada keadaan tersebut. Setiap kali kita ingin menengadah dalam gelap malam yang kita fokuskan hanyalah meminta saja tanpa melakukan usaha yang mendukung akan hal tersebut. itulah diri kita ya inilah kita manusia yang hanya berfokus pada diri kita yang selalu dalam masalah terberat diantara orang lain.

Permasalahan tak kunjung lepas dari kehidupan kita sehari-hari, mungkin saja jika kita kalkulasikan tak akan pernah habis masalah yang kita hadapi dalam hidup. Akan terus bermunculan seiring berjalannya waktu, lepas satu akan terjerat untuk masalah berikutnya. Manusia itu akan selalu diuji dalam setiap langkah kehidupannya, ini untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih tangguh lagi dan lagi.

Baik itu kehidupan pribadi ataupun dengan kehidupan sosial kita pasti akan menjadi sebuah permasalahan yang kita menjadi lebih keras dalam berfikir betul tidak? Baik itu masalah kecil yang seharusnya mudah kita lalui hingga masalah berat yang mengguncang keseimbangan kehidupan kita dalam mengarunginya. Semua kembali kepada kita sendiri untuk bagaimana menyikapi serta menganalisanya demi mendapatkan solusi terbaik dari suatu masalah tersebut.

Ujian manusia terbesar adalah ketika kita diberikan kehidupan itu sendiri, karena hidup itu sebuah keharusan untuk kita pilih. Jika kita takut untuk hidup ya sudah kita akan terkungkung dalam tempurung yang tak bisa bergerak dan selalu terjebak dalam lingkaran terkecil tanpa memandang lingkaran yang lebih besar lagi. 

Terkadang hidup itu memang sulit sampai-sampai kita harus berjuang sangat keras untuk bertahan dalam suatu kondisi tersulit. Apakah itu akan kita lewati ataukah hanya berdiam saja dan menerima dalam kepasrahan diri? Semua tergantung dari diri sendiri untuk melawan semua permasalahan tersebut. Secara diri ini tak bisa bergerak jika kita menutup diri kita untuk menerima sebuah masukan atau pandangan dari orang lain serta cara pikir kita harus lebih terbuka jika kita ingin terus melaju dalam pertarungan diri dalam kehidupan yang terus berjalan seiring waktu.

Mungkin untuk beberapa orang enggan untuk membahas sebuah pembahasan berat seperti ini, namun aku sendiri lebih senang membahas kedalaman pemikiran seperti ini. Tentang filosofi kehidupan sebenarnya itu seperti apa? Makna hidup itu sungguh penting untuk kita biacarakan serta kita renungkan sehingga kita menjadi manusia seutuhnya tahu makna dari hidup kita dalam berhubungan dengan sang maha pencipta, hubungan kita dengan sesama manusia serta kita dengan mahluk ciptaan tuhan lainnya. Bagaimana kita berperilaku, perkata serta mengambil hikmah atas apa yang kehidupan berikan kepada kita untuk kemajuan diri kedepan.

Peruntungan diri ini memang tak bisa kita tebak, terkadang pula kita menganggap keberuntungan hidup itu sebuah kebetulan belaka, namun semestinya itu merupakan sebuah rencana tuhan yang luar biasa untuk kita. Baik itu kita pernah melakukan sesuatu pada waktu dahulu ataupun hanyalah sebuah perbuatan kecil yang menurut kita tak perlu kita pikirkan lebih dalam. Itulah Tuhan, Dia akan selalu memperlakukan mahluk ciptaannya sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya. Kita manusia sebagai mahluk ciptaannya harusnya selalu berprasangka baik terhadap setiap momen yang kita alami dalam hidup kita.

Meningkatkan value dalam kehidupan kita harus selalu kita perjuangkan, mulai dari kita dilahirkan tanpa bisa berkata, berjalan hingga kita bisa melakukan semua itu merupakan sebuah perjuangan dalam meningkatkan value dalam diri kita. Sama halnya dengan memperbaiki diri untuk lebih baik lagi, dari sebuah kegiatan yang kita lakukan sebaiknya berdasarkan kebaikan dan selalu berpositif diri. Jiwa yang positif tak akan mudah menjadi terpuruk karena selalu mencari sebuah kebaikan demi kebaikan.

Perjalanan hidup orang itu berbeda satu dengan lainnya, waktu berjalan memang selalu sama namun untuk mencapai tujuan yang kita inginkan timeline kita dengan orang lain itu berbeda. Bisa saja kita akan mencapai keberhasilan lebih cepat dibandingkan dengan orang lain ataupun sebaliknya. Untuk itu kita jangan iri terhadap pencapaian dari orang lain yang lebih cepat mencapai mimpinya. Jadikan itu motivasi diri untuk terus meningkatkan value kita dalam mendedikasikan diri dalam perjuangan mencapai mimpi kita.

Kita sebagai manusia sebaiknya memiliki mimpi yang sempurna untuk jadi sebuah motivasi dalam mengarungi kehidupan kita selama kita didunia. Rencanakan sebuah strategi dalam mencapai mimpi kita dengan penuh keikhlasan diri serta jangan lupa untuk tetap bersyukur terhadap apa yang kita miliki atau kita capai hingga saat ini. Koreksi diri jika kita gagal dalam melakukan perjuangan, mungkin saja kita diberikan petunjuk lebih akurat lewat jalan gagal ini.

Kehidupan sosial kita semakin menua akan semakin mengerucut, awalnya kita memiliki kehidupan sosial yang sangat luas namun pada masa tua kita hanyalah teman dari segelintir orang saja. Teman terbaik kita dalam menghabiskan sisa umur kita adalah pasangan kita. Untuk itu kita harus mendapatkan pilihan terbaik kita untuk menghabiskan waktu bersamanya sepanjang sisa umur kita. Berfikirlah jauh kedepan jika kita ingin mendapatkan pasangan atau teman hidup kita. Karena kehidupan ini akan bertambah komplek jika kita sudah berkeluarga dan beranak pinak. Banyak yang harus kita fikirkan dalam kehidupan keseharian kita, baik itu keluarga inti kita, keluarga serta sosial bermasyarakat kita sesama manusia.

Lupakan atau kesampingkan kita memikirkan hal diluar dari prioritas kita mengarungi kehidupan saat ini untuk masa depan karena kita sudah terbatas untuk memikirkan masa lalu yang tak akan pernah kembali dalam kehidupan kita sekarang dan masa yang akan datang. namun kita tak akan bisa melupakan masa lalu, yang bisa kita lakukan adalah belajar dari masa lalu untuk saat ini dan menyongsong masa depan yang lebih baik.

Kaya ataupun miskin pada dasarnya semua itu hanyalah sebuah sebutan dari cobaan tuhan untuk kita. Jadi tak masalah kita terlahir dalam kaya ataupun miskin yang terpenting adalah bagaimana kita menjalani itu semua dengan baik tanpa menyusahkan orang lain atau merugikan orang lain. Kita semua memiliki kedudukan yang sama diahadapan tuhan tanpa terkecuali, yang membedakan adalah tingkat keimanan atau tingkat kualitas diri kita untuk selalu bertaqwa terhadap ketentuan dari tuhan yang maha esa.

Manusia itu tak ada yang sempurna, prioritas manusia itu juga berbeda satu dengan lainnya. tergantung dari pemikiran dan pandangan dari tiap individu masing-masing. Sebuah pertanyaan besar yang selalu berdengung dalam pikiranku adalah bagaimanakah sejatinya kita sebagai manusia itu seharusnya bersikap dalam setiap permasalahan diri untuk terus berjalan dengan tegap menghadapi setiap cobaan yang kita alami?

Apa sih sebenarnya value yang tuhan inginkan dari kita hadir di dunia? itulah sebuah pertanyaan yang seharusnya kita pecahkan dalam hidup ini. Mungkin saja orang akan berhijrah sampai ke penjuru dunia untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, namun ada pula orang yang hanya berjuang dilingkungan terkecilnya. Semua itu tergantung pula dengan pemahamannya serta lingkungan sekitarnya. Baik itu dari lingkungan orang berpendidikan dengan seorang petani yang harus berjibaku dalam lumpur sawahnya setiap hari guna mengolah tanah serta menanaminya untuk menghidupi kehidupannya. Namun semua itu tak akan menjadikan orang tak bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Tergantung dari manusianya itu sendiri bisa jadi si petani itu lebih cepat mendapatkan jawaban dari pertanyaan value kita didunia, bisa jadi.

Apapun profesi kita didunia semoga saja kita bisa menjadikan profesi tersebut bermanfaat untuk orang lain. Merugilah kita sebagai manusia jika kita mencapai kesuksesan dalam bidang tertentu tapi merugikan orang lain. Misalnya saja kita berbisnis dalam bidang properti, kita bisa membebaskan lahan seluas 1 hektar, tapi membebaskannya dengan cara yang jahat misalnya saja mengancam, membayar tak sesuai dengan harga yang sepantasnya. Nah itu memang dia sukses dalam hal bisnisnya tetapi menyengsarakan kehidupan manusia lainnya karena tergusur oleh kepentingan bisnis kita. 

Jika kita ingin berbisnis itu sebaiknya mengedepankan  keuntungan bersama atau bahasa kerennya win-win (Menang - Menang). Jika kita bisa melakukan hal tersebut tentu saja bisnis lancar semua senang bukan? Pada dasarnya kita harus memiliki hubungan yang baik antar sesama manusia hal ini juga dibenarkan dalam agama bukan hubungan manusia dengan manusia. Hubungan manusia itu tak hanya soal bisnis tapi antar manusia dalam lingkup kehidupan lebih dari itu.

Hubungan antar manusia itu memang rumit, tak sesederhana yang kita pikirkan. Pasti ada perbedaan dari setiap individu ini terkait dengan lingkungan serta pola pikir tentang sudut pandang terhadap sesuatu. Pandangan kita boleh berbeda namun kita harus bisa memandang dalam satu benang merahnya. Tingkat kedewasaan dalam berpandangan juga akan menjadi pembeda antara manusia satu dengan lainnya. Untuk itu kita harus bisa menghargai setiap individu dalam memandang sesuatu. Tak bisa kita berpikir selalu benar dari pandangan kita karena sudut pandang kita berbeda dengan manusia lainnya.

Hidup dalam keberagaman itu akan memberikan pelajaran berharga untuk menghormati setiap pandangan orang lain. Namun kita jangan mendebatkan berlebihan dalam pandangan diri tetapi kita harus lebih mencari solusi terbaik dari apa yang menjadi perbedaan tersebut. Hargai perbedaan untuk mendapatkan hubungan terbaik dengan manusia lainnya. Benang merah akan menyatukan perbedaan itu dengan baik untuk kehidupan sesama manusia.

















Comments

Popular posts from this blog

Heboh Masker COVID-19/Corona Virus

Ilustrasi Corona virus by Me Heboh, borong masker, borong bahan makanan instan seperti mie instan, sarden, vitamin dan barang yang berguna untuk segala kondisi terkait dengan COVID-19 atau orang lebih kenal dengan virus corona. Virus corona yang pertama ditemukan di Wuhan, cina, pada desember 2019 telah menyebar ke seantero cina dan beberapa negara di dunia. Untuk update terbaru bisa buka link dibawah ini yang di update per 3 maret 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/03/091500465/update-virus-corona-di-seluruh-dunia-tembus-73-negara-48002-sembuh-3117 Untuk di indonesia sendiri mulai heboh setelah presiden jokowi memberikan pernyataan terkait warga negara indonesia terjangkit virus ini. 2 orang warga negara yang tertular dan dinyatakan positif terpapar virus corona diumumkan oleh pak jokowi per 2 maret 2020 kemaren. Hal inilah yang memicu kehebohan di indonesia hingga memborong masker dan bahan makanan sebagai tindakan siaga terkait virus COVID-19 ini.

#ceritababazi #56 Sumeleh

Nalika awake dewe lagi diwenehi pacoban urip, awake dewe kudu kepiye supaya bisa tetep kuat lan semangat ngelakoni? Nah, iki sik bakal dadi pembahasan neng tulisan sik arep tak tulis kanthi sak pangertenku bab pacoban urip kuwi mau.  Sik mesti bakalan marakke penasaran dening kabeh sik mampir neng omah wewacanku iki. Sopo coba sik ora tau diwenehi pacoban urip, mesti kabeh menungso wis tau to ya? yo pora rek? Ngerti pora rek, iki nembe sepisan aku nulis nganggo boso daerah yoiku boso jowo. Dadi nek rodo ora kepenak diwoco yo nyuwun pangapunten loh ya... Kadang kolo awake dewe kui ono munggah mudune nglakoni urip sik saiki awake dewe lakoni, yo sepisan nek awake dewe lagi ono ning ngisor mesti pikirane awake dewe kui dadi mumet lan cuntel. Tapi kadang kolo yo ono neng duwur sik marake awake dewe gumedhe ndase, lali marang gusti sik gawe urip. Jenenge wae urip kui kabeh menungso mesti ono wolak walik ing jaman, nah mangkane kui awak e dewe sik sadar lan tumprap eling marang opo sik diara

Jakarta aku padamu

Akhirnya saat yang dinanti tiba...yg dipertuan agung beserta balateri sudah datang pokoknya jakarta aku padamu... Kala pertama ku jumpa wow...balateri langsung sumringah menyambutku "baba...baba" itu kata yang keluar dari bibir mungilnya..dan sambutan peluk hangat kutangkap dalam-dalam..badan mungilnya waktu berjumpa sudahh larut , ternyata seharian balateri sudah tak sabar menanti kedatanganku. Sehabis berpelukan layaknya teletabis ku bergegas berganti kostum buat tidur...sembari menemani balateriku... balateri sudah dengan ocehannya, "bunda, cucuu!" Ya sudahh bundanya langsung bergegas ke dapur dan buatin susu untuk balateri toh waktunya untuk bobok Setelah mengenyut botol susunya terlelap juga balateriku HARI PERTAMA pagi hari terbangun dan disambut tawa ceria balateri membuatku semakin semangat untuk bangun pagi dihari libur. rencana mau menjajal moda transportasi yang lagi heboh dikalangan masyarakat jakarta pada umumnya..apa itu? Mass rapi