Skip to main content

#ceritababazi #47 Balateri Pertama Naik Kereta Api

Peron Stasiun Tugu Yogyakarta
by Bundazi
Yeeee....akhirnya naik kereta juga, keturutan naik kereta untuk pertama kalinya, balateri bersama bundazi sama uti dan kakungnya. Perjalanan, panjang lagi ke jakarta dari jogja, wahh mantab bukan hehhe..bagaimana keseruan perjalanan balateri dan keluarga menapakkan diri di kota metropolitan yang disebut pula ibu kota negara Indonesia? kuylah!

Ini cerita berawal dari kisah perjalanan pernikahan budhenya balateri melahirkan anak pertamanya di jogja. Sempat tinggal di jogja selama cuti hamil 3 bulan lamanya, setelah selesai cutinya budhe berikut anaknya (kakak cinta) diajak kembali ke ibu kota tinggal bersama sang suami. Saat mereka dijemput sama pakdhenya balateri, uti dan kakung tak bisa mengantar ke jakarta dikarenakan tanggungjawab akan pekerjaannya yang blm bisa ditinggalkan. Maklum uti sama kakung sama-sama masih dipercaya diberikan amanah untuk bekerja.

Nah, karena sudah direncanakan terus ambil cutilah kakung sama uti untuk menyusul pakdhe sama budhenya balateri ke jakarta. Pas kebetulan juga sekalian bundazi sama balateri nebeng ke jakarta untuk bertemu denganku. Rencana ke jakarta menggunakan moda transportasi kereta api, sekalian nyenengin balateri dong kakung sama utinya.

Rencananya berangkat dari jogja kamis malam hari , kenapa harus malam hari? Karena siang harinya masih kerja juga sekalian kakung baru dari semarang hari tersebut. Bundazi bersama balateri beres-beres persiapan untuk bekal diperjalanan nanti malam. Tingkat kesabaran antara ada dan tiada karena akan segera berjumpa dengan babazi, sosok lelaki yang menjadi kesayangan bundazi dan balateri. Cek satu persatu barang bawaan serta kelengkapan seperti tiket, identitas juga tak luput dari pengecekan.

Untuk menyiapkan kondisi fisik baik bundazi maupun balateri, mereka beristirahat siang untuk berjaga-jaga jika didalam kereta balateri tidak bisa tidur karena ini merupakan pengalaman pertamanya. Bisa jadi terlalu ramai atau terang, bisa jadi malah terlalu exited. Sementara kakung sama uti sedang menyelesaikan pekerjaannya sehingga nanti pas beliau-beliau ijin cuti sudah beres untuk tanggung jawabnya sehingga pekerjaan bisa didelegasikan ke rekan mereka.

Menjelang magrib semua sudah dirumah dan bersiap untuk ke stasiun sehabis magrib. Kereta akan berangkat jam setengah 9 malam dari stasiun tugu yogyakarta menuju stasiun pasar senen jakarta pagi hari kurang lebih subuh. Rencana akan menggunakan taxi online ke stasiun yang berjarak kurang lebih 20 sampai 30 menit dari rumah. Barang bawaan seperti koper dan perlengkapan jajan untuk bekal makan dikereta sudah disiapkan oleh bundazi. Sehabis magrib bundazi pesan taxi online yang tiba kurang lebih 15 menit lagi. Tak lupa cek lagi barang bawaan serta kelengkapan tiket dan identitas diri. Akhirnya petualangan segera dimulai semenjak naik taxi online menuju stasiun.

Menunggu keberangkatan
by Bundazi

Sampai di stasiun jam 7 malam, kami segera masuk ke loket untuk mencetak tiket elektronik yang sudah dipesan beberapa waktu yang lalu. Saambil menunggu bisa masuk ke ruang tunggu mereka mempersiapkan identitas sebagai syarat pendukung tiket yang sudah dicetak serta membawa barang bawaan sedekat mungkin dengan pintu masuk ruang tunggu. Kurang lebih satu jam sebelum keberangkatan akhirnya bisa masuk ke ruang tunggu kereta yang berada tepat dipinggir rell kereta, untuk stasiun tugu ada 6 jalur dibagi 2 yaitu 3 jalur dibagian utara dan 3 jalur dibagian selatan. Untuk arah ke jakarta berada di jalur utara.

Sementara menunggu balateri terlihat happy dan sedikit mengendalikan diri karena ini baru pertama kalinya distasiun menunggu kereta datang. Jam sudah menunjukkan hampir setengah 9 kemudian kereta yang ditunggu datang juga. Mereka bergegas manuju tempat duduk mereka sesuai dengan gerbong yang tertera dalam tiket perjalanan. karena barang bawaan lumayan banyak akhirnya menggunakan jasa porter untu membantu membawa barang ke tempat duduk dan perjalanan ke jakarta dimulai.

Petualangan dimulai dari sini
by Bundazi

Naik kereta bareng uti
by Bundazi


Yeee..."naik kereta api tut..tut..tut..siapa hendak turut..", lagu tersebut langsung terlantun dari balateri happy benar dia naik kereta. Tempat duduk oleh bundazi memang dipesan satu kursi tersendiri untuk balateri supaya lebih leluasa. Perjalanan dimulai dengan gegap gempita keseruan bersama balateri di dalam kereta. Dari bernyanyi dan tingkah lakunya yang tak bisa diam selalu bergerak ke tempat duduknya bersama bundazi kemudian berpindah ke tempat duduk kakung sama utinya hampir sepanjang perjalanan. Hingga akhirnya tibalah jam tidur untuk balateri tiba, kalau sudah minta dibuatkan susu ya sudah itu tandanya sudah mulai mengantuk. Untuk itulah pula dipesankan satu kursi sendiri sebagai tempat dia tidur biar enak dan leluasa.

Tingkah tak mau diam balateri
by Bundazi

Dalam perjalanan sepanjang trek kereta menuju jakarta, kereta akan berhenti lumayan lama di Stasiun Purwokerto dan juga di cirebon prujakan. Hal ini dikarenakan selain naik turun penumpang juga pergantian kru dari kereta tersebut serta pengisian air. Nah ini biasanya dimanfaatkan oleh para ahli hisap untuk keluar dan menikmati sebatang rokoknya, karena apa? disepanjang perjalanan tak boleh merokok di dalam kereta. Kesempatan ada di stasiun cirebon dan purwokerto saja yang bisa karena lumayan lama berhentinya bisa 10 menit sendiri.

Di tengah perjalanan bundazi pengen makanan berkuah dan panas, nah pergilah ke restorasi awalnya pengen sendiri tapi balateri terbangun dan mau ikut ya sudah akhirnya jalan ke gerbong restorasi untuk memesan mie instan. Mau bakso juga tidak ada, seadanya aja, lumayan untuk menghangatkan perut saat malam dingin. Balateri ternyata memanfaatkan kesempatan yang dia miliki untuk menikmati ada apa saja sih dikereta itu? Dari temat duduk yang terdiri dari gerbong-gerbong dalam rangkaian, toiletnya seperti apa bentuknya, pintunya seperti apa dan kalau mau jajan ada apa tidak bisa pesen via online apa tidak. 

Ouh sampai mau tidur ada bantal tersendiri pula dan itu bayar sewa temasuk selimut. Wah unik sekali ya ternyata diperjalanan kereta ini banyak sekali yang baru pertama balateri tau. Ngomong-ngomong soal tidur balateri ambil kursi bundazi untuk dia akai sendiri, nah ternyata tidurnya tidak sendirian. Ada kitty yang selalu menemaninya kemana dia pergi terutama saat balateri tidur. Mau tau penampakannya balateri tidur di kereta bersama kitty? Liat foto berikut!

Kitty selalu menemani
By Bundazi

Perjalanan malam semakin sunyi, penumpang kereta sudah pada terlelap tanpa terasa waktu kembali menjadi makin larut dan memasuki ibu kota. Akhirnya berhenti di stasiun Jatinegara pertanda akan segera sampai pada tujuan akhir dari perjalanan yaitu stasiun pasar senen. Kakung, uti dan bundazi mempersiapkan barang bawaan dan juga baateri untuk persiapan turun. Akhirnya terdengar suara dari petugas kru kereta yaitu masinis yang memberikan informasi bahwa kereta akan segera memasuki stasiun akhir tujuan, penumpang diharapkan mempersiapkan diri untuk mengecek barang bawaannya jangan sampai ada barang yang tertinggal.

Akhirnya masuk ke stasiun pasar senen, para penumpang bersiap di pintu-pintu keluar kereta, porter juga pada bersiap untuk membantu para penumpang yang kesulitan membawa barang bawaannya karena banyak. Bundazi membawa barang yang bisa dibawa terutama yang ada barang berharganya, selebihnya minta tolong porter. Untuk kakung gendong balateri karena masih mengantuk. Akhirnya sampailah ke kota metropolitan yaitu ibu kota dari negara Indonesia, Kota Jakarta. Dari Stasiun mereka langsung naik taksi untuk menuju tempat pakdhe dan budhenya balateri.

Akhirnya sampai juga Jakarta
By Bundazi








Comments

Popular posts from this blog

Heboh Masker COVID-19/Corona Virus

Ilustrasi Corona virus by Me Heboh, borong masker, borong bahan makanan instan seperti mie instan, sarden, vitamin dan barang yang berguna untuk segala kondisi terkait dengan COVID-19 atau orang lebih kenal dengan virus corona. Virus corona yang pertama ditemukan di Wuhan, cina, pada desember 2019 telah menyebar ke seantero cina dan beberapa negara di dunia. Untuk update terbaru bisa buka link dibawah ini yang di update per 3 maret 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/03/091500465/update-virus-corona-di-seluruh-dunia-tembus-73-negara-48002-sembuh-3117 Untuk di indonesia sendiri mulai heboh setelah presiden jokowi memberikan pernyataan terkait warga negara indonesia terjangkit virus ini. 2 orang warga negara yang tertular dan dinyatakan positif terpapar virus corona diumumkan oleh pak jokowi per 2 maret 2020 kemaren. Hal inilah yang memicu kehebohan di indonesia hingga memborong masker dan bahan makanan sebagai tindakan siaga terkait virus COVID-19 ini.

September Ceria

September ceria... September ceria ... Milik kita bersama..aa Lirik yang pas untuk menggambarkan suasana bulan penuh keceriaan ini, bagaimana tidak? Bulan september merupakan bulan penuh momen spesial buat sang lelaki & keluarga. Tentu saja hal ini tidak serta merta hanya bulan september, namun lebih ke momen yang telah terjadi di bulan september pada masa yang sudah berlalu dan baik untuk dikenang. Artinya pada bulan september telah terjadi kejadian2 yang spesial bagi sang lelaki & keluarga. Momen Spesial Pertama Pada tanggal 11 september 2017 telah lahir dengan sehat dan secara normal balateriku sayang. Proses kelahirannya dari awal pembukaan hingga pembukaan lengkap sungguh momen yang tak akan pernah terlupakan. Pada awal mulai momen itu terjadi saat sang lelaki dengan yang dipertuan agung menjalani kehidupan pernikahan tak layaknya pasangan yang ideal adanya.  Mengapa bisa dikatakan dengan tidak ideal? Hal ini diawali dengan terjadi pernikahan, sang lela

Jakarta aku padamu

Akhirnya saat yang dinanti tiba...yg dipertuan agung beserta balateri sudah datang pokoknya jakarta aku padamu... Kala pertama ku jumpa wow...balateri langsung sumringah menyambutku "baba...baba" itu kata yang keluar dari bibir mungilnya..dan sambutan peluk hangat kutangkap dalam-dalam..badan mungilnya waktu berjumpa sudahh larut , ternyata seharian balateri sudah tak sabar menanti kedatanganku. Sehabis berpelukan layaknya teletabis ku bergegas berganti kostum buat tidur...sembari menemani balateriku... balateri sudah dengan ocehannya, "bunda, cucuu!" Ya sudahh bundanya langsung bergegas ke dapur dan buatin susu untuk balateri toh waktunya untuk bobok Setelah mengenyut botol susunya terlelap juga balateriku HARI PERTAMA pagi hari terbangun dan disambut tawa ceria balateri membuatku semakin semangat untuk bangun pagi dihari libur. rencana mau menjajal moda transportasi yang lagi heboh dikalangan masyarakat jakarta pada umumnya..apa itu? Mass rapi