Skip to main content

#ceritababazi #54 Ingatan Manusia itu terbatas



Hari ini sungguh membuatku semangat untuk terus melaju dalam sebuah perjalanan baru nan menyenangkan.

bagaimana tidak karena memulai suatu perjuangan sudah mulai menemukan ritme yang baik. Walaupun pada saat ini baru awal dari perjalanan panjang dalam sebuah pencapaian diri dalam hidup.

Semoga saja ini merupakan awal yang baik, ditengah kesemrawutan dalam kehidupan dunia. Pandemi membuat semua menjadi ke awal peradapan. Misteri dalam sebuah kurikulum peradapan dunia, awal dari perjuangan baru dalam dunia baru yang sedang dilanda pembaharuan. Entah ini merupakan ulah dari segelintir penguasa dunia ataukah memang sudah seharusnya.

Banyak orang berbondong-bondong mencoba sesuatu kegiatan baru untuk memberanikan diri menghadapi segala perubahan dunia seperti sekarang ini terjadi pada belahan dunia. Namun semua itu bukanlah suatu alasan untuk mencari tahu akan diri sendiri. Perjalanan memang ada 2 pilihan untuk ku lalui yaitu perjalanan biasa dan luar biasa.

Untuk penentuan jalan yang harus ku tempuh memang membutuhkan sebuah keberanian untuk jujur kepada diri sendiri. Kita merupakan mahluk yang unik dengan segala perbedaan satu dengan lainnya. Alangkah berbeda itu bukanlah sebuah kejahatan dalam kehidupan yang kita jalani. Hanya saja banyak orang berjalan dengan jalan yang biasa. Manusia dengan menempuh jalan luar biasa tentu saja akan menjadi individu anti sosial terkadang manusia lain menilai seperti itu.

Perjalanan melalui jalan biasa sudah banyak orang yang mengambilnya, jadi peluang untuk menjadi luar biasa terbuka lebar dengan adanya persaingan yang semakin sedikit. Permasalahannya jalan luar biasa tersebut menyajikan sensasi penuh perjuangan bagi yang sudah tahu akan jalan tersebut tidak sedikit yang menghindarinya karena banyaknya jalan berliku penuh tantangan tersebut.

Alhasil mereka yang memutuskan untuk kembali ke jalur jalan biasa karena lebih aman tanpa perjuangan yang berarti ditambah lagi banyak temannya. Sedangkan perjalanan yang harus dilalui oleh manusia dengan mengambil jalan luar biasa ya sudah jelas bukan resiko yang akan dihadapi? Mereka harus berjibaku dalam menahlukkan tantangan demi tantangan yang mereka temui di tengah perjalanan.

Resiko memang lebih menantang dan jalannya terjal tak seperti jalan biasa, namun apa yang bisa dicapai jika bisa melewati jalan luar biasa ini amatlah luar biasa pula seperti judul jalan yang luar biasa. Jika mampu melewati jalan luar biasa ini tentu saja kita akan menjadi manusia dengan tingkatan tentunya luar biasa juga dong. yah, intinya menjadi manusia dengan segala jati diri yang sempurna, mampu mengenal diri dengan baik. Kita hidup di dunia ini memiliki sebuah fungsi bagi kehidupan itu sendiri. Kita bisa mengetahui dan bermanfaat untuk kehidupan dunia ini kan bagus sekali. Tanpa merendahkan manusia yang menjalani jalan biasa menurut pribadi ku. Belum tentu jalan yang kita anggap biasa berlaku biasa pula bagi manusia lainnya, bisa saja jalan yang dia pilih merupakan jalan yang luar biasa pula ye kan?

Perjalan hidup itu merupakan sebuah proses yang harus kita lewati dengan penuh kegembiraan. Jangan sampai kita tak bisa menikmati perjalanan kita menggapai segala mimpi dalam hidup. Tak lupa pula kita harus menuliskan setiap proses yang kita jalani dan lalui ini dengan segala bentuk dramanya.

Lupakan segala hal negatif yang membuat kita putus asa untuk terus berjalan, jadikan itu menjadi pengalaman yang terbaik guna mengupayakan proses dalam kehidupan melalui jalan luar biasa kita. Setiap tantangan yang kita hadapi dalam menempuh perjalanan dalam jalan luar biasa pilihan kita ini kita juga harus melebarkan senyum termanis kita. Karena senyum merupakan sebuah energi positif untuk menambah daya gedor kita melewati tantangan tersebut.

Bulatkan tekad untuk terus melaju tanpa rasa takut menghadapi tantangan di perjalanan kita. Busungkan dada lebih penuh semangat lagi guna meraih mimpi kita setelah melewati jalan luar biasa tersebut. 

Terkadang jika kita melakukan sebuah blunder akan terasa sangat menyakitkan dan itu membuat kita menjadi lemah untuk kembali mengambil jalan biasa. Untuk itu bulatkan tekad serta penuhi lingkungan diri kita lebih positif sebagai pemotivator diri kita jikalau kita menghadapi kenyataan jatuh.

Saya hanya manusia biasa tak luput dari ketidak sempurnaan diri, tapi saya akan mengupayakan diri guna menyempurnakan setiap kekurangan demi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tak lupa pula akan ku kabarkan kepada dunia jika perjalanan luar biasa ini merupakan sebuah proses dari diri untuk lebih baik lagi. Hal inilah yang mendasarkan diri ini untuk menulis dalam blog ini.


Quote of the day :
Membuat sesuatu menjadi tersurat untuk pengingat akan proses kehidupan yang terlalui, ingatan manusia itu terbatas maka menulislah!!

Apapun proses yang ku lalui akan menjadikan diri ini lebih positif dalam menatap jalan luar biasa ini. Perjuangan melalui proses perjalanan diri ini tak akan pernah berhenti didiriku sendiri, semoga kelak generasi penerusku akan mengetahui proses perjalananku menempuh jalan luar biasa ini sebagai petunjuk bagaimana harus menyikapi proses kehidupan ini.

Memang perjalanan setiap individu manusia itu berbeda satu sama lain, tetapi poin yang bisa kita petik dari setiap perjalanan adalah makna yang terkandung dari proses tersebut. Kerja keras pantang menyerah untuk menggapai impian itu sendiri akan membuat generasi penerusku belajar.

Hidup memang tak mudah, hidup itu penuh lika-liku dari jatuh bangun hingga menemukan apa yang menjadi pertanyaan diri itu sendiri. Hargailah setiap proses yang kita lalui dengan menuliskan karena manusia itu memiliki ingatan terbatas.

Berdasarkan pakar pendidikan sekaligus ahli saraf dari Amerika Serikat, Catherine Young, mengatakan bahwa ingatan dihasilkan oleh reaksi beberapa sensor. Ketika Anda melakukan sesuatu, menelepon seseorang misalnya, sensor dari penglihatan, peraba dan lainnya bergabung dan menjadi energi listrik yang bergerak di neuron otak.

Energi listrik tersebut lalu akan menuju ke bagian ingatan jangka pendek dan bertahan di situ selama beberapa detik atau beberapa menit. Setelah itu, energi listrik berupa ingatan akan dipindahkan lagi ke area lain, yakni area ingatan jangka panjang. 

“Salah satunya adalah hippocampus, tempat di pusat emosi, ingatan serta sistem saraf lainnya,” tutur Young, dikutip dari Medical Daily.

Menurut young perasaan lupa itu terdiri dari 2 hal apa saja itu?

Pertama adalah koneksi antara neuron-neuron anda tidak begitu baik, hal ini mengakibatkan terganggunya konneksi penyimpanan ke penyimpanan otak. Jadi memori jangka pendek maupun jangka panjang anda tidak menyimpan secara maksimal. Misalkan saja anda meeting sudah berlalu selama seminggu, jika anda hanya mengingat tapi tidak menuliskannya tentu saja anda hanya mengingat satu atau 2 hal dalam beberapa hal.

Kedua, informasi yang terjadi tidak selayaknya untuk diingat alias anda menganggapnya tidak penting. Hal ini juga disampaikan oleh young 

“Otak juga perlu dilatih layaknya otot sehingga neuron-neuron tetap bisa bekerja dengan baik dan tidak tumpul,” ungkap Young

tulisan tersebut saya dapatkan dari https://topmetro.news/38422/daya-ingat-manusia-terbatas/

dari alasan tersebutlah penting jadinya kita menuliskan setiap proses kehidupan yang kita jalani sekarang hingga kita tutup usia.














Comments

Popular posts from this blog

Heboh Masker COVID-19/Corona Virus

Ilustrasi Corona virus by Me Heboh, borong masker, borong bahan makanan instan seperti mie instan, sarden, vitamin dan barang yang berguna untuk segala kondisi terkait dengan COVID-19 atau orang lebih kenal dengan virus corona. Virus corona yang pertama ditemukan di Wuhan, cina, pada desember 2019 telah menyebar ke seantero cina dan beberapa negara di dunia. Untuk update terbaru bisa buka link dibawah ini yang di update per 3 maret 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/03/091500465/update-virus-corona-di-seluruh-dunia-tembus-73-negara-48002-sembuh-3117 Untuk di indonesia sendiri mulai heboh setelah presiden jokowi memberikan pernyataan terkait warga negara indonesia terjangkit virus ini. 2 orang warga negara yang tertular dan dinyatakan positif terpapar virus corona diumumkan oleh pak jokowi per 2 maret 2020 kemaren. Hal inilah yang memicu kehebohan di indonesia hingga memborong masker dan bahan makanan sebagai tindakan siaga terkait virus COVID-19 ini.

#ceritababazi #56 Sumeleh

Nalika awake dewe lagi diwenehi pacoban urip, awake dewe kudu kepiye supaya bisa tetep kuat lan semangat ngelakoni? Nah, iki sik bakal dadi pembahasan neng tulisan sik arep tak tulis kanthi sak pangertenku bab pacoban urip kuwi mau.  Sik mesti bakalan marakke penasaran dening kabeh sik mampir neng omah wewacanku iki. Sopo coba sik ora tau diwenehi pacoban urip, mesti kabeh menungso wis tau to ya? yo pora rek? Ngerti pora rek, iki nembe sepisan aku nulis nganggo boso daerah yoiku boso jowo. Dadi nek rodo ora kepenak diwoco yo nyuwun pangapunten loh ya... Kadang kolo awake dewe kui ono munggah mudune nglakoni urip sik saiki awake dewe lakoni, yo sepisan nek awake dewe lagi ono ning ngisor mesti pikirane awake dewe kui dadi mumet lan cuntel. Tapi kadang kolo yo ono neng duwur sik marake awake dewe gumedhe ndase, lali marang gusti sik gawe urip. Jenenge wae urip kui kabeh menungso mesti ono wolak walik ing jaman, nah mangkane kui awak e dewe sik sadar lan tumprap eling marang opo sik diara

Jakarta aku padamu

Akhirnya saat yang dinanti tiba...yg dipertuan agung beserta balateri sudah datang pokoknya jakarta aku padamu... Kala pertama ku jumpa wow...balateri langsung sumringah menyambutku "baba...baba" itu kata yang keluar dari bibir mungilnya..dan sambutan peluk hangat kutangkap dalam-dalam..badan mungilnya waktu berjumpa sudahh larut , ternyata seharian balateri sudah tak sabar menanti kedatanganku. Sehabis berpelukan layaknya teletabis ku bergegas berganti kostum buat tidur...sembari menemani balateriku... balateri sudah dengan ocehannya, "bunda, cucuu!" Ya sudahh bundanya langsung bergegas ke dapur dan buatin susu untuk balateri toh waktunya untuk bobok Setelah mengenyut botol susunya terlelap juga balateriku HARI PERTAMA pagi hari terbangun dan disambut tawa ceria balateri membuatku semakin semangat untuk bangun pagi dihari libur. rencana mau menjajal moda transportasi yang lagi heboh dikalangan masyarakat jakarta pada umumnya..apa itu? Mass rapi